Mirip Indo

Dulu banget saya sebenarnya sudah pernah ke Bangkok, waktu sahabat saya [yang merupakan orang Thai asli] married. Sekitar 13 – 14 tahun lalu. hahaha… Saat itu, selama berkeliling kota Bangkok, saya sudah merasa kalau suasananya mirip Jakarta. Dan ketika saya kembali ke sana beberapa bulan lalu, feeling itu masih sama.

Mirip apanya? mirip suasana perkotaannya, mirip macetnya, mirip “kehebohan” orang-orangnya, mirip cuacanya, dst…

Kalau mau saya komparasikan, beda banget dengan Jepang. meskipun masih sama-sama Asia.

Namun demikian, setiap tempat pasti ada perbedaannya. Dalam konteks Bangkok, menurut saya perbedaan utama ada di landmark dan transportasi air-nya. Landmark disini tentu saja kuil, dan transportasi air maksudnya yang di sepanjang sungai Chao Phraya.

Bicara mengenai transportasi di sungai tersebut, ternyata sangat asik bepergian dengan jenis transportasi tersebut. Yang pasti anti kemacetan sehingga jadwal perahu-perahunya lebih tepat waktu, kemudian rasanya lebih adem meskipun tidak ber-AC. Selain itu sangat seru melihat gedung atau tempat di sepanjang sungai. Soal biaya, jika beli tiket satuan memang jatuhnya bisa mahal, tetapi mereka juga ada tiket terusan atau day-pass. Kalau kamu memang ingin explore kota Bangkok seharian dengan perahu, saya merekomendasikan tiket day-pass tersebut.

Sayang sekali saya tidak terlalu banyak makan makanan khas disana, karena yang enak dan unik ternyata pedas, sedangkan anak saya tidak bisa makan pedas. Tetapi di Indo pun sudah banyak yang jual makanan Thailand, jadi pada dasarnya saya sudah pernah merasakan juga, seperti misalnya tom yum.

Overall, trip ke Bangkok baru-baru ini sangat mengesankan untuk saya, terutama karena akhirnya saya bisa bertemu kembali sahabat saya setelah 13-14 tahun berlalu.

Next trip kemana, min?” Dulu saya rencananya ingin keliling dunia di tahun depan (2027), tetapi karena satu dan banyak alasan, saya harus menunda hal tersebut. Tetapi saya sudah memikirkan rencana lain. Perencanaan dan tabungan sudah di mulai, dan saya beri nama file-nya “snow PEK trip 2027”. Stay tuned!